Cara Mengajar Les Anak TK

Cara Mengajar Les Anak TK  adalah salah satu kunci utama bagi seorang Mentor atau Guru. Bagi sobat mentor yang masih memerlukan berbagai referensi seputar tips dan trik mengajar, berikut kami sampaikan strateginya. Di sebuah FORUM TK dan PAUD, Bunda Merlin bertanya perihal  masalah yang  dialami anak  didiknya, Dewa. Dewa  mengalami  masalah  di dalam  proses  belajarnya di TK, dimana Dewa belum bisa  mengenal  baik huruf, angka, dan  tidak  memiliki semangat belajar. Dewa menjadi  terlihat  cuek dan mudah  lupa.

Seorang dosen PLB di Universitas Karimun, Annisa Kurniati , berpendapat,”Anak adalah pribadi yang unik dan tiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan kita tak boleh menyamakan dengan yg lain apalagi membandingkan  Pertama – tama  yang  perlu dilakukan adalah   memberikan tes  kepada anak.
Tes  ini  lebih  bertujuan mengenal  kemampuan dan karakter  anak. Bila sang  anak tidak mengalami  masalah  dalam mengerjakan tes-tes  tersebut,  kemungkinan lain yang bisa  menjadi  penyebab  Dewa menjadi “lambat” adalah  metode pengajarannya. Metode pembelajaran dalam mengenalkan angka, huruf, menulis harus dibuat semenarik mungkin agar anak senang, ketika anak terkesan cuek, mudah lupa, tak bersemangat,  itu adalah tanda-tanda tidak senang. Bila anak merasa tidak  senang,  yang  bisa kita lakukan selanjutnya bukanlah memaksakan anak mampu mengenal calistung tapi lebih kepada bagaimana anak senang dengan calistung jika anak sudah senang maka apapun yg diberikan akan dilakukan dengan gembira, semangat dan tentunya akan ia simpan informasi yang diterimanya dengan baik. “

Cara Mengajar Les AnakKemudian  Bunda Annusa Juga berpendapat, metode pengajaran yg bisa dilakukan misalnya :

  1. opening dulu dengan permainan-permainan edukatifyang melatih motoriknya dan konsentrasinya.
  2. Setelah itu masuk inti, untuk usia ini tentunya dimulai dari hal-hal yangg konkrit bukan dimulai dari yg semi konkrit atau abstak terlebih dahulu. Hal lain yang  perlu  diperhatikan adalah dalam penyampaian materi, lebih  baik dibuat seolah-olah anak tak belajar calistung tapi ia menganggapnya bermain, bukankah dunia anak dunia bermain, berilah reinforcement atas keberhasilan sekecil apapun yang dilakukan.

Ada dua faktor penting dalam Metode Glenn Doman ini adalah sebagai berikut :
1. Sikap dan pendekatan orang dewasa. Syarat terpenting adalah, bahwa diantara orang dewasa dan anak harus ada pendekatan yang menyenangkan, karena belajar membaca merupakan permainan yang bagus sekali. Biasakan anak membaca dengan suatu kegemaran, bisa dibuat permainan menarik untuknya
2. Membatasi waktu untuk melakukan permainan ini sehingga betul-betul singkat. Hentikan permainan ini sebelum anak itu sendiri ingin menghentikannya.
3. Jangan pernah memaksa anak untuk belajar membaca tanpa kemauan dia sendiri.

Tahap Pembelajaran
1. Untuk tahap pertama, persiapkan kertas karton kaku warna putih dan spidol besar yang ujungnya rata (selebar satu sentimeter) berwarna merah. Selain itu, juga spidol ukuran 0,5 sentimeter warna hitam. Kertas karton digunting-gunting sepanjang 60 sentimeter dengan lebar 15 sentimeter, sediakan pula yang selebar 12,5 sentimeter.

  1. Tuliskan kata di atas guntingan kertas karton dengan huruf kecil (bukan kapital), huruf yang sederhana dan konsisten. Untuk tahap pertama, buatlah 15 kata di atas 15 lembar karton, dibagi menjadi tiga. Misalnya, lima lembar pertama adalah nama-nama anggota keluarga (set A), lalu lima lembar kedua bertuliskan nama-nama organ tubuh (set B), sedangkan lembar ketiga bertuliskan nama-nama bunga (set C). Yang jelas, gunakan nama-nama yang tidak asing bagi dia, terutama nama benda yang sering anak jumpai setiap hari. Dengan demikian, anak akan lebih mudah mengingatnya.

Pada hari pertama belajar, hanya ditunjukkan lima lembar pertama (set A) kepada anak dengan membacanya, tiga kali sehari. Pada hari kedua, tunjukkan dan bacakan set A dan set B, juga tiga kali sehari. Sementara pada hari ketiga, bacakan set A, B, dan C selama tiga kali sehari. Pada hari keempat, lakukan seperti hari ketiga. Ini dilakukan terus sampai kartu-kartu terbaca 15-25 kali. Perlu diingat bahwa urutan kata harus sama dari setiap setnya. Agar tidak terjadi kekeliruan, setiap kertas bisa diberi nomor di sebaliknya, sehingga waktu kita menunjukkannya kepada anak urutannya tetap sama.

Mengajar anak-anak Calistung memang  bukan masalah yang  sepele, karena sangat  membutuhkan pengetahuan dan kreatifitas dari para pendidik.

Apakah kamu ingin ikut mencerdaskan anak bangsa untuk menjadi anak yang tangguh, prestatif dan berakhlak mulia ?  Ayo bergabung bersama ribuan guru les privat lainnya yang sukses membantu menggapai cita-cita anak Indonesia. Dapatkan pengalaman menjadi guru les privat professional serta kamu bisa mendapatan fee disetiap sesi yang kamu ajarkan ke anak didik kamu.

Klik Sekarang Untuk Mendaftar Lowongan Ngajar Bimbel

 

Source; rumahmentor

Leave a Reply