Rangkaian Tes Masuk Fakultas Kedokteran

Tes Masuk Fakultas Kedokteran

Tes Masuk Fakultas Kedokteran Terbaik SD SMP SMA Garansi. Belajar bersama guru terbaik UI UGM ITB. Modul lengkap metode belajar asyik.

 

Tes Masuk Fakultas Kedokteran

Bagi Anda yang tertarik mendaftar di fakultas kedokteran, maka patut mengetahui rangkaian tes masuk fakultas kedokteran. Pasalnya untuk bisa lolos ke fakultas kedokteran, Anda akan dihadapkan pada serangkaian tes masuk yang cukup panjang dan tentunya tidak bisa dikatakan mudah. Lantas, seperti apa rangkaian tes masuk ke fakultas kedokteran? Mari simak ulasan selengkapnya!

Tes Tertulis Masuk Kedokteran

Bagi Anda yang sudah terdaftar sebagai peserta ujian masuk fakultas kedokteran maka hal yang harus dipersiapkan selanjutnya ialah mempersiapkan diri untuk mengikuti ujian tes tulis. Umumnya mata pelajaran yang akan diujikan pada tes tertulis ini ialah soal matematika dasar, matematika IPA, bahasa Inggris, biologi, kimia, fisika serta soal bahasa Indonesia. Untuk bisa mengikuti tes selanjutnya Anda harus benar-benar memahami beberapa mata pelajaran yang diujikan tersebut.

Tes Potensi Akademik Kedokteran

Tes Potensi Akademik atau TPA merupakan salah satu tes untuk mengetahui kemampuan dan bakat seseorang di bidang akademik yang diminatinya. Biasanya hasil TPA ini juga akan menjadi tolak ukur kemampuan berkomunikasi hingga penalaran para calon mahasiswa. Perlu diketahui, tes potensi akademik dengan tes Graduate Record Examination juga telah menjadi standar internasional. Sehingga tidak mengherankan, jika rata-rata seleksi fakultas kedokteran pasti menyertakan tes TPA dalam menjaring para mahasiswa barunya. Untuk tes potensi akademik ini juga meliputi serangkaian tes yang berhubungan dengan tes kemampuan logika, tes numerik, tes verbal, hingga tes spasial ataupun gambar.

Tes Kesehatan Masuk Fakultas Kedokteran

Tes masuk fakultas kedokteran selanjutnya ialah tes kesehatan. Perlu diketahui, biasanya fakultas kedokteran akan mengadakan tes kesehatan bagi para calon mahasiswanya, oleh sebab itu, bagi Anda yang sudah dinyatakan lulus tes tertulis dan TPA, maka Anda harus mempersiapkan diri untuk tes kesehatan. Jenis-jenis tes kesehatan setiap fakultas kedokteran sebenarnya berbeda-beda dan tergantung dengan kebijakannya masing-masing. Namun biasanya beberapa tes kesehatan yang paling sering dilakukan ialah seperti pengukuran tinggi badan, pengukuran berat badan, pengukuran tekanan darah, tes buta warna, tes pendengaran, kesehatan gigi, tes urine, tes penglihatan hingga tes X-ray atau rontgen. Selain itu, terkadang ada juga tes urine untuk mengetahui penyakit hepatitis. Penyakit hepatitis ialah jenis penyakit menular, sehingga bagi calon mahasiswa yang hasil tesnya dinyatakan positif hepatitis maka otomatis tidak akan lulus.

Meskipun begitu, perlu diketahui kebijakan tes di atas tergantung dengan kebijakan institusi pendidikan masing-masing sehingga sifatnya tidak mutlak. Nah, rangkaian tes masuk ke fakultas kedokteran memang sangat panjang, sehingga Anda harus mempersiapkan diri dengan baik. Salah satunya dengan mengikuti bimbel kedokteran terbaik. Hal ini sangat penting dipertimbangkan, sebab selain Anda bisa memperoleh ilmu yang bermanfaat Anda juga bisa mengetahui kisi-kisi soal yang akan diujikan pada tes masuk fakultas kedokteran. Demikianlah, semoga ulasan diatas dapat menjadi sumber referensi terbaik dan bermanfaat bagi Anda sekalian.

Leave a Reply